18 Juni 2015

Apa itu Cloud Computing?

Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (computing) dan pengembangan berbasis internet (cloud). Cloud (awan) adalah metafora dari internet, dimana awan sering digunakan sebagai simbol untuk menggambarkan internet. Jadi, melalui cloud computing hal-hal yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi komputer seperti menggunakan aplikasi, sharing sumber daya, dll. dapat dilakukan melalui koneksi internet.

http://www.iottechworld.com/


Analogi sederhana dari cloud computing adalah penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari. Untuk dapat memanfaatkan listrik kita tidak perlu mendirikan pembangkit listrik sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke PLN dan kita tinggal membayar biaya listrik berdasarkan jumlah yang kita gunakan. Pada saat kita membutuhkan daya tambahan, kita tinggal bilang ke PLN untuk tambah daya.

Ketika menggunakan layanan listrik dari PLN kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana PLN memenuhi kebutuhan listrik kita, bagaimana ketika terjadi kerusakan alat, proses perawatan, dll. Kita cukup tahu bahwa kita bisa menggunakan listrik dan ada kewajiban untuk membayar biaya tersebut.

Sama halnya dengan cloud computing. Untuk memanfaatkan layanan cloud computing kita tidak perlu membeli perangkat komputer. Yang perlu kita lakukan adalah mendaftar ke penyedia layanan cloud computing dan kita tinggal membayar sesuai dengan biaya yang ditentukan. Pada saat kita membutuhkan sumber daya tambahan (misalnya kapasitas penyimpanan), kita tinggal bilang ke penyedia layanan untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan sesuai dengan yang kita perlukan.

Ketika menggunakan layanan cloud computing dari penyedia layanan kita tidak perlu pusing memikirkan bagaimana penyedia layanan memenuhi kebutuhan kita, bagaimana ketika terjadi kerusakan alat, proses perawatan, dll. Kita cukup tahu bahwa kita bisa menggunakan layanan dan ada kewajiban untuk membayar biaya tersebut.

Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
http://www.cloudindonesia.or.id/apa-itu-cloud-computing.html